Langsung ke konten utama

Pemuda Bengkulu Masuk Finalis SATU Indonesia Awards 2017


Kiprah pemuda Bengkulu dalam berkarya bagi lingkungan dan masyarakatnya semakin bersinar. Ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan kepada pemuda Bengkulu dalam ajang Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2017.

Ketiga pemuda Bengkulu tersebut berhasil masuk finalis SATU Indonesia Awards 2017 bersama 6 pemuda lainnya yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Mereka masuk dalam kategori lingkungan, sebagai Penyuluh Penangkapan Ikan Sidat Ramah Lingkungan. Adapun ketiga orang pemuda Bengkulu tersebut yaitu, Randi Anoma Putra, Akri Afrianda dan Rego Damantara.

Saat ini mereka tergabung dalam Pelopor Penangkapan Ikan Sidat Liar (PPILAR), dengan anggota sebanyak 20 orang nelayan, dimana ada 15 orang di kota Bengkulu, 2 orang di Bengkulu Utara dan di Bengkulu Selatan 3 orang.

Apresiasi yang mereka raih yaitu, atas perjuangan mereka dalam mensosialisasikan penangkapan ikan sidat ramah lingkungan dengan alat tradisional bubu,  kepada nelayan yang berada di kawasan Desa Rawa Makmur dan Argamakmur Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Menurut salah satu pemuda pelopor, Randi Anoma Putra mengungkapkan, perhatian mereka terhadap penangkapan ikan sidat liar ini, karena selama ini nelayan tradisional banyak yang menangkap ikan sidat menggunakan alat setrum.

Sedangkan ikan Sidat yang ditangkap menggunakan setrum dalam keadaan mati, harganyapun sangat rendah, berkisar Rp 20 ribu perkilogramnya.

“Sangat jauh berbeda, jika ikan Sidat di tangkap dengan bubu, dengan keadaan masih hidup, bisa dihargai Rp 45 ribu perkilogramnya,” sebut Randi, saat berkunjung di Media Center Pemprov Bengkulu, Kamis (5/10).

“Rata-rata seorang nelayan mampu menangkap 15-20 ikan Sidat per minggunya,” tambahnya.

Selain itu, ujar Randi, melihat potensi Ikan Sidat yang ada di Bengkulu ini sangatlah menjanjikan, yang populasinya tersebar di perairan Provinsi Bengkulu.

Dalam perjuangannya, mereka juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar populasi Ikan Sidat dapat terus bertahan di perairan Bengkulu, dengan melepaskan sebagian Ikan Sidat yang sudah dibesarkan ke muara sungai.

“Itu adalah pajak kami kepada alam,” ujanya, yang memiliki kolam  pembesaran Ikan Sidat di wilayah Argamakmur, Bengkulu Utara,

Mereka berharap, dengan masuknya mereka yang notabene pemuda Bengkulu dalam ajang tersebut, dapat memacu semangat pemuda Bengkulu yang lainnya dalam berkarya dan berprestasi bagi lingkungan dan masyarakatnya.

Selain itu, jebolan Fakultas Pertanian jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Bengkulu ini, meminta dukungan dan do’a  dari masyarakat Bengkulu bagi mereka, dengan cara memvote Finalis SATU Indonesia Awards 2017.

“Caranya, silahkan buka web hhtp://satu-Indonesia.com/SIA2017vote/  atau lakukan Register menggunakan email, lalu konfirmasi di pesan email, bisa juga dengan login hhtp://satu-Indonesia.com/SIA2017vote/ selanjutnya, vote PPLIAR perwakilan Bengkulu paling bawah, jangan salah vote ya,” tutup Randi.

Untuk penerimaan penghargaan dari 7 nominasi tersebut, akan digelar pada tanggal 17 Oktober 2017, bertempat di PT. Astra Internasional tbk. Jakarta. (Saipul-Media Center).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Investor Spanyol Jajal Investasi Sapi Galician Blond di Bengkulu

BENGKULU-MC. Menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai “lumbung daging” sesuai dengan salah satu program Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tampaknya mulai menemukan jalannya. Hal ini ditandai dengan kedatangan investor asal Spanyol yang tertarik berinvestasi di Bumi Rafflesia.
Bersama rekannya, Manuel Albores Cabo selaku President Director PT. Indogal Group meyakinkan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, jika keberhasilan investasi ini bisa mengangkat nama Bengkulu dan mensejahterakan masyarakat.

Dikatakan Manuel Albores, dengan jenis sapi Galician Blond yang dikembangbiakkan di wilayah Bengkulu, besar kemungkinan proyek tersebut akan menjadikan Bengkulu sebagai daerah pengekspor daging terbesar di Indonesia.
 “Wilayah Indonesia termasuk Bengkulu sangat cocok dengan pengembangbiakan sapi Galician Blond yang nantinya juga dikawin silangkan dengan sapi local. Hal ini juga didukung kondisi cuaca dan iklim Bengkulu yang cocok sebagai lokasi peternakan,” ungkap Manuel Albores dalam presentasinya dih…

Tiga Raperda Akhirnya Disahkan

MC – Bengkulu, Tiga Raperda yakni RPJMD tahun 2016 - 2021, Penetapan Kawasan tanpa Rokok dan Penanggulangan Penyakit HIV – AIDS di Provinsi Bengkulu akhirnya disetujui oleh DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa (13/6).

Sempat terjadi berdebatan sengit saat pengambilan keputusan terkait dengan penetapan Raperda Kawasan Tanpa Rokok, hal ini disebabkan dari delapan fraksi, 4 fraksi yakni fraksi PDIP, Golkar, Nasdem serta Partai Keadilan dan Pembangunan memilih setuju untuk ditetapkan.
Sedangkan 4 fraksi lainnya yakni Demokrat, Gerindra, PAN serta PKB memilih tidak setuju, hasil imbang ini akhirnya dilakukan voting dengan perolehan suara 21 menyetujui dan 8 tidak setuju.
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti pun mengapresiasi jalannya demokrasi yang berjalan di DPRD Provinsi Bengkulu, menurut Gubernur kebersamaan tetap terjaga dan perbedaan yang tetap dihormati, merupakan demokrasi sesungguhnya yang diinginkan oleh Indonesia.

“Insya Allah Bengkulu melalui ruang paripurna ini mampu untuk berkontribusi k…

Seluruh OPD Diminta Optimalkan Kinerja Pelayanan Publik

Bengkulu-Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menekankan ke seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemprov Bengkulu, mengoptimalkan kinerja pelayanan publik. Hal ini juga untuk menidaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo terkait peningkatan kinerja dan efesiensi pelaporan keuangan beberapa waktu lalu, dengan agenda Rakor Laporan atas Realisasi Anggaran tahun 2017.
Tidak hanya realisasi penggunaan anggaran, tetapi lebih mengutamakan dampak atas program yang dilaksanakan. Apakah anggaran yang telah dikeluarkan memberikan dampak positif bagi pembangunan daearah.
“Terkait dengan pelayanan publik jelas kita harus berbenah. Kalau kita sama-sama ingin bekerja serius, maka nilai A tidak mustahil bisa kita dapatkan,” ungkap Sekda Provinsi Begkulu Nopian Andusti pada Rapat Koordinasi Peningkatan Manajemen Akuntabilitas Kinerja, Peningkatan Pelayanan Publik dan Koordinasi Satgas Percepatan Berusaha, di Ruang Rapat Rafflesia, Setda Provinsi Bengkulu, Selasa …